Kamis, 15 Maret 2018

Presiden @Jokowi Tantang Perbankan Sediakan Kredit Pendidikan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pekerjaan rumah alias PR kepada seluruh pimpinan Bank Umum di Indonesia untuk menyediakan produk kredit pendidikan atau student loan.

Sampai saat ini perbankan di Indonesia atau jasa keuangan lainnya belum menyediakan produk tersebut. Padahal, student loan sudah diterapkan oleh Amerika Serikat (AS) bahkan angka yang sudah disalurkan telah melampaui total credit card loan.

"Sedikit saya memberikan PR kepada ibu bapak sekalian, dengan yang namanya kredit pendidikan student loan, saya membaca informasi bahwa di Amerika nilai nominal outstanding seluruh kredit pendidikan telah melampaui total outstanding credit card loan, kaget saya," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (15/3/2018).

Dia menceritakan total pinjaman kartu kredit yang disalurkan oleh perbankan Amerika mencapai US$ 800 miliar, angka ini tertinggal dengan oustanding kredit pendidikan di AS yang mencapai US$ 1,3 triliun.

"Kalau ini di negara kita bisa seperti ini yang konsumtif bisa pindah ke yang produktif, tolong ini dipelajari. Sekali lagi pindah dari yang konsumtif ke hal-hal yang produktif, memberikan nilai tambah kepada intelektualitas, visi kita ke basic yaitu bidang pendidikan. Saya tidak tahu kenapa di kita tidak ada kredit pendidikan dengan jumlah yang tadi saya sampaikan," jelas dia. (sumber)

Romeltea Media
Siantar Narumonda Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

 
back to top